Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Keunggulan Jaringan 5G dan Mengenal Apa Bedanya Dengan Jaringan 4G?

Jaringan 5G adalah jaringan seluler generasi kelima yang menyediakan akses internet lebih cepat daripada 4G dan generasi sebelumnya. Jaringan seluler baru ini menawarkan akses internet berkecepatan tinggi sebesar 20 gigabyte (GB) per detik.

Dalam artikel ini kami mengajak  Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang jaringan 5G. Kartu mana saja yang mendukung jaringan 5G saat bepergian ke Indonesia dan manfaat 5G sendiri akan dibahas selengkapnya di sini. Baca terus ya!

Pengertian Jaringan 5G

Keunggulan Jaringan 5G dan Mengenal Apa Bedanya Dengan Jaringan 4G?


Jaringan 5G adalah jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih cepat daripada 4G dan jaringan generasi sebelumnya. Jaringan seluler baru ini akan menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi hingga 20 gigabyte per detik (Gbps). Kecepatan yang jauh melampaui jaringan 4G semakin mendukung berbagai aktivitas internet seperti upload video streaming download dan bermain game online. Jaringan 5G juga merupakan inovasi terbaru dalam teknologi dan komunikasi yang diharapkan dapat membawa perubahan besar di dunia digital.

Apa Saja Keunggulan Jaringan 5G?

1. Koneksi internet jauh lebih cepat

Kecepatan maksimum jaringan 5G adalah 10 Gbps yang 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Telkomsel mengklaim layanan 5G-nya memiliki kecepatan unduh hingga 20 Gbps yang 20 kali lebih cepat dari 4G yang terhenti hanya 1 Gbps. Dengan kecepatan ini pengguna tidak perlu khawatir tentang video blur saat menonton film dalam resolusi 4K atau 8K.

2. Dapat menghubungkan lebih banyak perangkat

Jaringan 5G tidak hanya menawarkan kecepatan yang lebih tinggi tetapi juga kapasitas dan ruang penyimpanan yang lebih besar daripada jaringan 4G. Kualitas jaringan 4G menurun saat menghubungkan beberapa perangkat. Tidak seperti 5G itu dapat menghubungkan lebih banyak perangkat secara bersamaan. Banyak perangkat yang terhubung tetapi ini tidak mempengaruhi kualitas dan kecepatan jaringan.

3. Low latency

Latency adalah waktu yang dibutuhkan pengirim untuk menerima data dari penerima. Penundaan yang lama berarti bahwa penerima lambat merespons perintah yang diberikan atau dikirim. Jaringan 5G memiliki latensi yang lebih rendah daripada 4G. Latency 5G adalah 1 inci yang 10 kali lebih kecil dari jaringan 4G. Latensi rendah ini memungkinkan Anda untuk memproses gambar manusia sehingga Anda dapat berkomunikasi dari jarak jauh secara real time. Teknologi ini juga mendukung aplikasi seperti Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang memberikan Anda video terbaik dan hidup tanpa jeda.

Perbedaan 4G dan 5G

Jaringan 4G adalah generasi keempat dari teknologi nirkabel yang menggunakan menara seluler untuk mengirimkan telepon nirkabel dan layanan Internet ke perangkat seluler. Di sini jaringan 5G menawarkan kecepatan yang sangat cepat. Jaringan 5G tidak hanya akan dibangun di atas jaringan nirkabel 4G tetapi jaringan 5G juga akan menghadirkan teknologi baru dan jangkauan frekuensi radio yang lebih luas. Menara dan pemancar 5G akan menggunakan lebih banyak antena dan pita radio pada frekuensi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan kecepatan dan waktu respons yang lebih cepat. Ini adalah perbedaan besar dibandingkan dengan 4G yang 30 Mbps. 4G biasanya memiliki kecepatan maksimum 100 Mbps sedangkan 5G dapat mencapai 10 Gbps.

Daerah 5G di Indonesia

Sejauh ini jaringan 5G hanya tersedia di sembilan kota di Indonesia:
  1. Jabodetabek 
  2. Bandung 
  3. Batam 
  4. Balikpapan 
  5. Makassar 
  6. Surakarta 
  7. Surabaya 
  8. Denpasar 
  9. Medan 
Ada 3 operator lokal yang memiliki izin komersial dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Salah satunya Telkomsel yang mulai beroperasi pada Mei 2021. Indosat Ooredoo adalah operator resmi berikutnya. Cominfo memberikan persetujuannya pada bulan Juni. XL Axiata mendapat persetujuan terakhir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Agustus 2021.

Pemerintah juga telah menyusun rencana pengembangan 5G Indonesia sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 2 Tahun 2021. Salah satunya ibu kota provinsi pulau Jawa. dan juga tujuan wisata prioritas lima besar. Daerah-daerah tersebut adalah Labuan Bajo (NTT) Mandalika (NTB) Danau Toba (Sumatera Utara) Likubang (Sulawesi Utara) dan Borobudur (Jawa Tengah). Semua wilayah akan memiliki 5G pada tahun 2023. Area lain yang dapat menerima sinyal 5G adalah basis manufaktur dan ibu kota negara baru. Pada 2024 keduanya akan menjadi 5G.

Kartu Provider yang Sudah 5G di Indonesia

Tiga operator telekomunikasi telah dinyatakan dapat menggunakan pita frekuensi radio 2,3 Ghz pada rentang 2360 - 2390 MHz untuk penggunaan jaringan 5G di Indonesia. 

Ferdinandus Setu Wakil Direktur Jenderal Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan berdasarkan hasil seleksi tim, PT Smart Telecom Tbk (Smartfren) meraih juara pertama disusul PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), dan PT Hutchison 3 Indonesia (tiga).

Apakah Kartu 4G bisa diupgrade ke 5G?

Transisi dari teknologi jaringan 4G ke 5G akan membutuhkan dukungan perangkat keras khusus serta perubahan di sisi perangkat lunak. Untuk smartphone, transisi ke 5G biasanya memerlukan pemasangan modem seluler yang dapat diakses jaringan yang terintegrasi ke dalam system-on-chip (SoC). Singkatnya pengguna yang ingin meningkatkan dari 4G ke 5G jelas harus mengganti SoC di dalamnya.

Setiap motherboard di dalam ponsel tentunya memiliki dukungan kompatibilitas tersendiri. Oleh karena itu pengguna tidak boleh sembarangan memasang berbagai jenis SoC. Ada banyak teknologi dan frekuensi yang berbeda dalam jaringan 5G. Jika tidak cocok dengan apa yang digunakan operator Anda Anda tidak akan dapat mengaksesnya. Setiap operator di Indonesia pasti memiliki aturan yang berbeda-beda. Misalnya Telkomsel beroperasi pada pita frekuensi 2300 MHz Indosat Coredoo beroperasi pada 1800 MHz dan Smartfren beroperasi pada 28 GHz. Kita dapat menyimpulkan bahwa meningkatkan jaringan telepon seluler akan sangat sulit.

Demikian informasi lengkap tentang jaringan 5G di Indonesia. Kami berharap semua kota di Indonesia dapat memanfaatkan kecepatan jaringan ini di masa mendatang.

Posting Komentar untuk "Keunggulan Jaringan 5G dan Mengenal Apa Bedanya Dengan Jaringan 4G?"

Iklan Vast Adsterra :