Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyambung Kabel Fiber Optik yang Putus

Kabel serat optik dapat putus karena bencana alam seperti gempa bumi atau kecelakaan alat berat saat menggali tanah tempat kabel serat optik diletakkan.

Apa itu kabel serat optik?

Cara Menyambung Kabel Fiber Optik yang Putus


Kabel serat optik atau kabel serat optik adalah kabel fiberglass atau plastik yang digunakan untuk mengirimkan data Internet dengan mentransmisikan cahaya. Kabel serat optik biasanya dapat dikubur di dalam tanah atau dipasang pada tiang. Kecepatan informasi yang berjalan melalui kabel serat optik adalah 300 × 108 m/s sama dengan kecepatan cahaya. 

Bandwidth yang ditransmisikan melalui kabel serat optik tidak terbatas tetapi jumlah data yang dikirimkan tergantung pada spesifikasi perangkat SFP dan router di kedua ujung kabel serat optik. Mulai dari 1 Gbps hingga 100 Gbps.

Cara penyambungan kabel serat optik

Apakah kamu pernah melihatnya? Jika Anda melihat seseorang seperti itu di pinggir jalan itu berarti mereka sedang menghubungkan kabel serat optik.

Proses penyambungan kabel serat optik sedikit berbeda dengan kabel UTP (kabel LAN). Karena kabel serat optik seukuran rambut manusia proses penyambungan harus dilakukan dengan presisi dan akurasi. Selain itu sambungan harus bersih agar cahaya dapat berdifusi dengan baik.

Proses penyambungan adalah sebagai berikut.

1. Kupas kabel fiber optik kurang lebih 2-3 cm

Mulailah dengan melepaskan kabel serat optik dari lapisan penyangganya dengan kabel pengupasan sehingga panjang inti sekitar 3 cm.

2. Bersihkan core dengan alkohol

Kemudian bersihkan bagian tengahnya dengan handuk kertas yang dibasahi dengan sedikit alkohol untuk menghilangkan debu atau kotoran. Jangan sentuh bagian tengah karena sidik jari menempel.

3. Potong core dengan Cleaver

Setelah dibersihkan inti dipotong menggunakan alat pemotong khusus yang disebut cleaver. Gunting atau pisau biasa tidak dapat digunakan. cleaver ini memotong dengan sangat presisi dan hasilnya lurus sempurna tanpa bevel.

4. Masukkan core ke Fusion Splicer

Core yang bagus dimasukkan ke dalam fusion splicer. Core A dan Core B dimasukkan ke dalam chamber kemudian dirangkai menjadi satu. Jangan lupa untuk menyertakan pita inti (selongsong pelindung serat).

5. Tutup chamber dan align core

Tutup penutup chamber  dan tekan tombol sambungkan. Alat kemudian menyelaraskan kedua inti secara otomatis memanaskan keduanya dan mengkalibrasi busur. Dua core kemudian akan muncul di layar. Perhatikan bahwa garis putih adalah intinya. Core A di kiri core B di kanan.

6. Proses penyambungan berlangsung otomatis

7. Proses Aligning untuk menyesuaikan posisi core

Jika mesin tidak align dengan benar gunakan cleaver lagi untuk memotong core. Terkadang potongannya buruk dan perlu dipotong ulang.

8. Core fusion

Sejauh ini sepertinya core terhubung dengan benar. Perhatikan redaman yang terlihat. Jika redamannya kurang baik ulangi proses penyambungan dari awal.

9. Langkah akhir, memasang pelindung kabel

Pasang fiber protection sleevenya dan kemudian letakkan di oven pemanas di splicer fusi. Dengan cara ini hasil link utama terlindungi agar tidak mudah putus.

Selesai

Bagaimana? Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat metodenya tidak mudah. Silakan berbagi dengan teman-teman Anda. Terima kasih telah membaca

Posting Komentar untuk "Cara Menyambung Kabel Fiber Optik yang Putus"

Iklan Vast Adsterra :