Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Kabel Fiber Optik, Kelebihan dan Kekurangannya

Dunia komunikasi berkembang pesat karena kemajuan teknologi. Salah satunya adalah mengubah penggunaan kabel jaringan dari tembaga menjadi serat optik. Kabel fiber optik atau kabel fiber optik digunakan oleh perusahaan IT Indonesia khususnya untuk instalasi internet.

Mengenal Kabel Fiber Optik, Kelebihan dan Kekurangannya

Serat optik adalah serat kaca murni yang bertindak sebagai pemandu gelombang cahaya jarak jauh. Serat optik menggunakan prinsip yang disebut koherensi intrinsik. Kabel serat optik terdiri dari dua lapisan inti kaca (bertanggung jawab untuk membawa sinyal cahaya yang sebenarnya) dan lapisan yang merupakan lapisan kaca yang menutupi inti.

Kegunaan Kabel Serat Optik

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya kabel ini memiliki peran dalam jaringan. fiber optik berfungsi seperti kabel lainnya. Tetapi karena kabel serat optik hanya membawa cahaya tidak ada arus yang mengalir. Untuk alasan ini kabel serat optik tidak mengalami gangguan elektromagnetik seperti kabel lainnya.

Ada dua jenis kabel fiber optic. Yang pertama adalah metode tunggal dengan pertukaran tunggal. Kabel ini berukuran sangat kecil dengan diameter 9 mikrometer. Lain adalah kabel serat optik multimode. Kabel ini memiliki banyak konduktor sehingga dapat membawa cahaya sekaligus. Inti kabel multimode adalah 625 mikrometer.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Serat Optik

Seperti jenis kabel lain yang digunakan oleh penyedia layanan IT di Indonesia kabel serat optik memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Ini adalah pro dan kontra yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakan serat optik untuk jaringan Anda.

Kelebihan kabel fiber optik

  1. Kabel fiber optik memiliki kemampuan dan kapasitas untuk mengirimkan data yang besar dan cepat. Kapasitas gigabit memungkinkan Anda menerima layanan Internet dan telepon dengan bandwidth tinggi. Daya antara kabel ini hingga 1 Gbps.
  2. Meskipun tidak menggunakan penguat sinyal. Anda dapat dengan cepat mentransfer energi dari jarak jauh.
  3. Karena terbuat dari fiberglass kabel serat optik tidak akan menimbulkan korosi (berkarat).
  4. Ukurannya yang kecil membuatnya fleksibel dan dapat dipasang di berbagai medan.
  5. Karena dapat berfungsi tanpa listrik kabel ini tidak akan mengalami korsleting atau terbakar juga tidak akan terkena interferensi elektromagnetik sehingga lebih aman untuk digunakan.
Berbagai keunggulan tersebut menjadikan kabel serat optik pilihan bagi banyak perusahaan besar untuk mendukung konektivitas jaringan. Namun selain berbagai kelebihan di atas kabel fiber optik juga memiliki beberapa kekurangan. diantaranya adalah.

    Kekurangan kabel fiber optik

    1. Meskipun kinerjanya bagus kabel serat optik sangat mahal. Karena bahan yang digunakan dan proses pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati. Instalasi membutuhkan profesional yang berpengalaman. Perusahaan rela membuang lebih banyak pekerja untuk bisa menggunakan kabel ini.
    2. Biaya pemeliharaan atau perawatan instalasi jaringan kabel serat optik cenderung mahal juga. Apalagi alat yang digunakan tidak murah
    3. Karena mengandalkan cahaya kabel ini harus dipasang dekat dengan sumber cahaya. Kalau tidak kinerjanya tidak akan optimal
    4. Kabel fiber sebaiknya dipasang pada jalur yang berbelok dan bergelompbang agar proses transfer data dapat berjalan dengan baik dan efisien. Hal ini dapat mengurangi resistensi terhadap aliran gelombang.

    Posting Komentar untuk "Mengenal Kabel Fiber Optik, Kelebihan dan Kekurangannya"

    Iklan Vast Adsterra :