Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting - Pernahkah sobat mengalami masalah ini, laptop sobat tiba-tiba mati saat proses booting maka sobat harus membaca artikel ini sampai selesai. Hal ini dikarenakan admin memberikan tips untuk mengatasi masalah laptop mati mendadak saat booting atau sedang digunakan.

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting

Semua perangkat elektronik (dalam hal ini laptop) pasti memiliki masalah baik itu terjadi secara tiba-tiba atau dengan tanda-tanda seperti harddisk laptop atau suara bising komputer (harddisk komputer merengek) . Ini menunjukkan bahwa Saatnya untuk mengganti harddisk .

Namun jika masalah laptop terjadi secara tiba-tiba seperti laptop tiba-tiba mati saat booting atau saat digunakan maka tentunya tidak jelas penyebabnya (masih belum jelas).

Jika laptop Anda mati secara tiba-tiba saat boot atau sedang digunakan mungkin ada beberapa alasan sebagi berikut.

Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting

1. Overheat (Panas yang berlebih).

Alasan utama mengapa laptop mati sendiri adalah karena laptop terlalu panas. Panas sangat mempengaruhi kinerja sebuah laptop. Selain memperlambat laptop, overheating juga dapat menyebabkan laptop mati secara tidak terduga.

Overheating pada laptop juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  • Debu dan kotoran.
  • Penggunaan laptop yang tidak tepat seperti menggunakan laptop di atas bantal atau kasur. Bantal kasur atau benda lain dapat menghalangi aliran udara di bawah laptop dan jika aliran udara laptop terhalang panas yang dihasilkan oleh prosesor tidak akan hilang sepenuhnya.
  • Kipas prosessor bermasalah. Masalah yang paling umum adalah kipas prosesor berputar lambat karena usia atau kipas prosesor tidak berputar karena rusak.
  • Thermal pasta kering.

2. RAM bermasalah.

RAM merupakan salah satu komponen utama dari sebuah laptop. Biasanya tanda-tanda ketika ada masalah RAM adalah layar laptop BSOD yang langsung reboot. Namun terkadang laptop juga mati jika RAM benar-benar rusak.

3. Sistem operasi bermasalah.

Sebuah kesalahan sistem operasi adalah masalah di mana komputer secara otomatis mati atau restart dan tidak bisa boot untuk login tetapi memungkinkan akses ke BIOS. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kegagalan kinerja sistem operasi seperti korupsi atau penghapusan file sistem karena driver antivirus dll.

4. Baterai laptop rusak atau kemampuannya sudah mulai menurun.

Sebagian besar laptop bertenaga baterai saat baterai laptop hampir habis. Biasanya sistem operasi Windows (atau sistem operasi lain) akan meminta Anda untuk segera menghubungkan laptop ke pengisi daya. hibernate di sistem operasi Windows ketika baterai benar-benar habis (sistem operasi lain memiliki fitur seperti hibernate hanya namanya yang mungkin berbeda).

Ketika kemampuan baterai laptop menurun, pada umumnya kapasitas baterai laptop akan cepat habis. Ini akan mempengaruhi pada saat proses pengisian daya menjadi lebih lama. Selain itu hal tersebut juga berpengaruh terhadap kemampuan sistem operasi pada saat menampilkan peringatan baterai lemah untuk melakukan hibernate.

Cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

Silahkan simak pembahasan dibawah ini untuk mengatasi masalah laptop tiba-tiba mati.

1. Karena Panas/Overheat

Untuk mengatasi panas/overheat yang diakibatkan oleh debu atau kotoran yang menumpuk silahkan bersihkan akumulasi debu dan kotoran tersebut dengan vacuum cleaner atau jika anda bisa membuka dan membuka laptop anda akan mudah untuk membersihkan debu yang ada di dalamnya. Tidak sulit menjangkau area seperti komponen laptop dan motherboard seperti kipas prosesor.

lumasi prosesor dengan thermal paste baru Setelah kering, gunakan cooling pad untuk mempercepat proses pendinginan CPU. Jangan letakkan laptop Anda di atas bantal atau benda lain yang dapat membatasi sirkulasi udara.

2. Karena RAM Yang Terkena Korosi

Untuk menghilangkan karat RAM pada kaki-kaki RAM sobat bisa membersihkannya dengan penghapus pensil nya untuk menghilangkan plak dari panas yang dihasilkan oleh RAM itu sendiri.

3. Karena Sistem Operasi Bermasalah

Memperbaiki masalah yang disebabkan oleh sistem operasi yang rumit dapat melegakan karena masalah tersebut tidak disebabkan oleh perangkat keras yang murah. Jika masalah sistem operasi lebih serius seperti serangan virus atau sistem operasi tidak sehat maka lebih baik menginstal ulang sistem operasi yang diperbarui setelah menginstal ulang laptop Anda.

Tentunya sebelum menginstall ulang sobat mengambil langkah untuk memperbaiki sistem operasi melakukan operasi restore OS dll. tapi hasilnya tetap nihil. Menginstal ulang adalah pilihan terakhir Anda ketika perbaikan kecil OS gagal.

4. Karena Baterai Laptop Bermasalah

Pemecahan masalah baterai laptop harus selalu dilakukan di dekat terminal listrik (colokan) dan pengisi daya. Selalu dekatkan pengisi daya dan bekerja di dekat terminal daya untuk menghubungkan pengisi daya laptop dengan cepat saat baterai mulai hampir habis untuk mencegah laptop menyala. Shutdown Jika menurut Anda baterai laptop Anda adalah penyebab utama laptop Anda mati pertimbangkan untuk membeli yang baru.

Hal ini penting jika Anda menggunakan baterai yang tidak lagi berfungsi dengan baik saat terhubung ke pengisi daya (menggunakan laptop saat baterai sedang diisi) karena hal ini dapat meningkatkan kerusakan baterai laptop dan akhirnya merusak baterai laptop, akhirnya baterai laptop benar-benar tidak dapat menyimpan daya sama sekali.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting"

Iklan Vast Adsterra :