Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk 100% Work Terbaru

Flash disk adalah tempat penyimpanan portabel yang biasa digunakan untuk menyimpan data. Banyak data penting dapat disimpan di sana karena lebih aman dan dapat ditransfer ke mana saja. 

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

Tetapi jika Anda secara tidak sengaja menghapus file di Flashdisk dan Anda tidak memiliki file cadangan di PC Anda itu jelas membingungkan. Apalagi jika file tersebut sangat penting. 

Jangan khawatir pada artikel ini akan akan memberikan 2 cara mengembalikan data flashdisk yang terhapus, simak penjelasannya di bawah ini :

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Recuva

Anda dapat menggunakan aplikasi Pemulihan File untuk memulihkan file yang dihapus dari flash disk. Ada aplikasi  recovery file yang tersedia untuk Anda saat ini. Tapi Aplikasi yang cukup populer  saat ini adalah Recuva. Selain gratis aplikasi ini cukup andal untuk mengambil file yang terhapus dari memori Flash. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh pengembang terkemuka yang juga telah mengembangkan aplikasi CCleaner populer.

Untuk memulihkan file yang terhapus atau hilang dari flashdisk, Anda harus menginstal aplikasi Recuva terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh aplikasinya di sini. Setelah terinstal di laptop atau PC Anda ikuti langkah-langkah berikut: 

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

  • Hubungkan flashdisk ke laptop atau PC Anda lalu buka aplikasi Recuva
  • Pilih tipe file ke ALL FILE untuk memindai file yang terhapus di flashdisk, kemudian pilih lokasi pencarian file dengan cara In a Spesific Location > Browser > pilih drive USB flashdisk kamu.
  • Klik Next dan jika Anda ingin aplikasi memindai file yang dihapus secara lebih rinci klik kotak centang pada Enable Deep Scan, tetapi ini akan memakan waktu lama. Jika sudah selesai kemudian klik Start.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian file selesai.
  • Kemudian Anda akan menemukan nama file yang terhapus, File yang ditandai dengan lingkaran hijau artinya dapat dipulihkan dan lingkaran merah menunjukkan bahwa file tidak dapat dipulihkan.
  • Terakhir, Jika status file anda Excellent, maka file dapat dikembalikan secara utuh keseluruhan, jika status file anda Poor, maka file hanya akan dikembalikan sebagian.

Ingat bahwa Recuva tidak dapat memulihkan semua file yang dihapus. Kalaupun bisa pasti ada satu atau dua file yang corrupt. Ini karena file yang dihapus oleh Flash tidak disimpan di lokasi tertentu hingga dihapus secara permanen. Untuk meningkatkan kemungkinan menghapus file yang dihapus Anda perlu memulihkan file yang dihapus di Recuva sesegera mungkin.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk tanpa aplikasi

Terkadang file yang hilang sebenarnya tidak terhapus dari flashdisk tetapi disembunyikan oleh virus. Jangan khawatir jika tiba-tiba file di flashdisk anda hilang, kerna bisa jadi hanya di sembunyikan oleh virus. 

Cara mengembalikan file flashdisk yang terhapus / terformat tanpa aplikasi, cara ini  yang paling sederhana dan mudah. 

Sebelum Anda mulai memulihkan file yang disembunyikan dari virus pastikan flash drive Anda kosong atau penuh. Jika masih penuh tetapi file tidak dapat dibaca oleh komputer flash drive mungkin terinfeksi. Tetapi jika kosong semua file di flash drive hilang. Gunakan Recuva untuk menemukan file yang terhapus tersebut.

Cara mengembalikan file yang hilang dari flashdisk akibat virus

  • Hubungkan flash drive dengan laptop atau PC. 
  • Buka Windows Explorer dengan mengklik logo Windows + E di keyboard 
  • Klik Organize di pojok kiri atas, dan pilih Folder and Search Options.
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

  • Pilih tab View dan cari lalu pilih Show Hidden Files, Folder, and Drives. 
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

  • Lalu klik OK, dan cari Drive USB flashdisk kamu di bawah Local Disk dan Data.

Sangat mudah bukan? Untuk mencegah file atau folder disimpan di komputer Anda Anda perlu memindai atau membersihkan virus. Gunakan aplikasi antivirus asli untuk mendapatkan hasil pemeriksaan dan perawatan terbaik.

Cara mengembalikan data di flashdisk yang terhapus tanpa harus menggunakan aplikasi 

  • Pertama buka folder tempat file yang dihapus disimpan. Kemudian klik kanan pada folder dan pilih Restore Previous
  • Pilih folder yang ingin Anda pulihkan atau klik folder yang ingin Anda restore.
  • Jika sudah melakukan langkah diatas klik menu Restore. Jika muncul peringatan tetap klik opsi Restore.
  • Sukses!. File yang hilang atau tidak sengaja terhapus akan dikembalikan berdasarkan lokasi yang disimpan sebelumnya dan tanggal yang dipilih

Demikian cara mudah mengembalikan data flashdisk yang terhapus, Cara ini juga dapat digunakan untuk memulihkan file yang terformat di komputer atau penyimpanan eksternal lainnya. Dengan cara ini Anda dapat mengembalikan data di flashdisk  atau penyimpana eksternal lain yang terhapus tanpa harus menggunakan aplikasi.



Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk 100% Work Terbaru"