Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Urutan Kabel Straight & Crossover Saat Memasang Kabel UTP Agar Tidak Salah

Saat memasang UTP (Unshielded Twisted Pair) untuk membuat LAN lokal (Local Area Network), kita pasti akan mempelajari urutan kabel Straight dan Crossover. Kabel UTP banyak digunakan untuk LAN karena relatif murah, mudah dipasang, dan dapat diandalkan. Kabel UTP terdiri dari empat pasang kabel kabel tanpa pelindung tambahan (Unprotected). Fungsi kabel terintegrasi adalah untuk mengurangi penyisipan atau kebocoran.

Simak Urutan Kabel Straight & Crossover Saat Memasang Kabel UTP Agar Tidak Salah

Perbedaan Antara Urutan Kabel Straight dan Crossover

Kabel UTP adalah metode membangun jaringan komputer. Kabel UTP sendiri merupakan metode transmisi dan sharing data. Penataan kabel UTP memiliki dua jenis, yaitu: Urutan kabel straight dan urutan kabel crossover. Setiap rangkaian kabel yang baik memiliki fungsi yang berbeda-beda. Urutan garis lurus digunakan untuk menghubungkan 2 komponen dengan fungsi yang berbeda, misalnya: untuk menghubungkan komputer ke perangkat, atau untuk beralih ke router lain. Meskipun urutan kabel crossover digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang identik, misalnya: komputer dengan komputer atau perangkat dengan sakelar.

Bagaimana cara menyusun Urutan Kabel Straight & Crossover yang benar? Berikut panduan lengkapnya.

Urutan Kabel Straight Yang Benar

Urutan Kabel Stright memiliki urutan yang sama di setiap ujungnya. Urutan kabel straight adalah sebagai berikut:

  1. Putih-Oranye
  2. Oranye
  3. Putih-Hijau
  4. Biru
  5. Putih-Biru
  6. Hijau
  7. Putih-Cokelat
  8. Cokelat

Urutan Kabel Crossover Yang Benar

Tidak seperti Straight, urutan kabel Crossover bervariasi dari satu ujung saluran ke ujung saluran lainnya. Urutan yang benar untuk kabel Crossover adalah sebagai berikut:

Ujung Kabel Crossover Ke-1

  1. Putih Oranye
  2. Oranye
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Urutan Kabel Crossover Ke-2

  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Oranye
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Oranye
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Cara Menghubungkan Kabel UTP ke RJ45 Dengan Kabel Stright dan Kabel Crossover 

Sebelum Anda mulai memasang kabel UTP pada RJ45 di ujung kedua kabel data UTP, mulailah memperbaiki peralatan yang diperlukan. Konfigurasi alat seperti kabel data UTP, konektor RJ45, Crimping Tool, pengupas kabel, dan penguji kabel untuk memeriksa apakah kabel terhubung dengan benar ke konektor RJ45. Setelah semua alat Anda diatur, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sebelum memulai harus memperhatikan terlebih dahulu urutan benang yang ingin dimasukkan, urutan benang Straight dan Crossover berbeda, jadi ingatlah urutan benang yang benar sesuai kebutuhan.
  2. Kupas kabel UTP dengan alat stripper 2-3 cm
  3. Atur warna senar sesuai urutan senar yang Anda inginkan. Jika Lurus, luruskan sesuai dengan urutan senar Lurus yang benar, dan sebaliknya jika Anda memilih Crossover
  4. Setelah tersusun rapi, potong kabel sekitar 1,5 cm dengan pembuat kabel
  5. Setelah kabel terpotong rapi dan sama panjang, masukkan ujung senar ke konektor RJ45 secara berurutan.
  6. Pastikan seluruh ujung kabel masuk ke ujung konektor dan ditusuk dengan pisau kecil ke dalam konektor.
  7. Pastikan kabel terpasang dengan kuat ke konektor
  8. Setelah kabel dan konektor terpasang sepenuhnya, masukkan konektor ke dalam perangkat crimping untuk mengunci
  9. Lakukan hal yang sama di sisi lain telepon. Ingat jika ingin membuat kabel LAN Crossover di kedua ujung kabelnya memiliki variasi warna yang berbeda
  10. Setelah kabel dicolokkan ke konektor, segera periksa dengan outlet listrik. Pastikan kabel terhubung dengan aman sebelum digunakan.

Jika dites dengan kabel tester, lampu display tidak menyala berarti ada yang salah saat pemasangan kabel LAN. Jika ada kesalahan menginstalnya, suka atau tidak, Anda harus memulai ulang. Potong kabel dan atur ulang dan masukkan ke konektor RJ45. Pemasangan kabel LAN dengan urutan kabel Straight atau Crossover membutuhkan ketelitian yang tinggi. Karena jika salah, Anda harus memulai semuanya dari awal.

Posting Komentar untuk "Simak Urutan Kabel Straight & Crossover Saat Memasang Kabel UTP Agar Tidak Salah"