Perbedaan HDMI dan VGA: Mana Yang Lebih Baik? - EtalaseMedia.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan HDMI dan VGA: Mana Yang Lebih Baik?

VGA dan HDMI adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan CPU ke Monitor. Jika di perhatikan tentu saja kedua jenis kabel ini memiliki perbedaan, lantas mana yang lebih baik antar VGA atau HDMI?

Perbedaan HDMI dan VGA: Mana Yang Lebih Baik?

Jika ditanya mana yang lebih baik VGA atau HDMI?, tentu saja masing-masing orang punya pendapat yang beberda. Jika di telusuri sebenarnya VGA itu adalah produk yang sudah tidak di produksi lagi, kemudian tergantikan oleh kabel baru seperti DVI, DisplayPort, HDMI, dan lain-lain, namun di karena di Indonesia masih cukup banyak, terlebih bagi mereka pengguna PC lama,

Sebelum kita membandingakan lebih jauh mana yang lebih baik, baiknya kita cari tau dulu lebih jelas Apa itu VGA? dan Apa itu HDMI?.

Apa itu VGA?

VGA (Video Graphics Array) adalah  antarmuka video yang terdapat di perangakat seperti televisi, proyektor, monitor, dan masih banyak lagi. Antarmuka video ini didasarkan pada konektor D-miniatur yang dikenal juga sebagai D-SUB dan jenis D-SUB tersebut adalah DE-15 dan memiliki 15 pin. IBM lah yang merancang hal ini pada tahun 1987. Sehingga sejak saat itu menjadi video antarmuka default untuk komputer sampai saat ini. Bahkan popularitas VGA saat ini masih cukup tinggi, mengingat VGA masih banyak digunakan meskipun perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi saat ini sudah menggunakan DVI atau HDMI.

Apa itu HDMI?

HDMI (High Definition Multimedia Interface) adalah antarmuka yang bisa dibilan diproyeksikan untuk menggantikan VGA. Pada saat diperkenalan tahun 2002, HDMI tidak hanya mendukung video, tetapi juga audio. HDMI adalah antarmuka digital yang dimana nilai satu dan nol lah yang di pergunakan untuk mengirimkan data. Pada saat ini komputer yang terhubung dengn monitor LCD terbaru menggunakan data digital, yang dimana tidak lagi dperlukan  konversi pada saat transmisi data. Data Video yang dikirimkan melalui HDMI otomatis terkompresi tetapi data audio dapat terkompresi atau dikompresi.

Tentu saja HDMI dibuat sedemikian rupa untuk mendukun kualitas gambar yang jauh lebih baik, oleh karena itu HDMI sangat cocok untuk video definisi tinggi. HDMI memilki beberapa jenis wadah , diantaranya adalah HDMI tipe A, tipe B, tipe C, dan tipe D. HDMI tipe A, C, dan D memilki 19 pins, sedangkan untuk tipe B sendiri memiliki 29 pin. 

Untuk konektor HDMI tipe A adalah 13,9mm x 4,45mm, dan sedangkan tipe C adalah 10,42mm x 2,4mm dan tipe D adalah 6,4mm x 2,8 mm. Selain itu untuk konektor HDMI tipe B sedikit lebih Panjang dengan 21,2mm x 4,45mm.

Karena ukuran interface yang kecil HDMI tipe C dan D adalah yang paling banyak digunakan perangkat yang lebih kecil seperti tablet, ultra-book, dan handphone.

Sementara itu HDMI tipe B dapat mendukung video dengan resolusi setinggi 3.840 x 2.400, dengan resolusi setinggi itu HDMI tetap mampu menjaganya tanpa mengurangi kualitas video.

Perbedaan HDMI dan VGA

HDMI dan VGA tentulah dua jenis kabel yang berbeda, perbedaan utamnya adalah VGA menggunakan sinyal analog, di sisi lain HDMI menggunakan sinyal digital. Jadi bisa dikatakan kedua kabel ini menggunakan teknologi yang berbeda untuk transfer data.

Simak detail perbedaan lain antara HDMI dan VGA di bawah ini :

1. Jumlah Konektor

Jika kita lihat secara fisik perbedaan kedua jenis kabel ini memang sudah jelas terlihat. Kebanyakan VGA memiliki 15 pins konektor dan memiliki sekrup di sisi kanan dan kiri, sementara itu HDMI sebagian besar menggunakan 19 pins konektor tanpa sekrup di sisi kanan dan kiri.

2. Kecanggihan Teknologi

Perbedaan berikutnya antra VGA dan HDMI adalah Kecanggihan teknologinya. Jika VGA adalah jenis kabel lama yang sudah hadir dari tahun 1987, sedangkan HDMI bisa dibilang untuk saat ini sudah menjadi sebuah standar baru bagi sebuah komputer untuk mengasilkan tampilan visual yang lebih jernih.

3. Jenis Sinyal

Perbedaan lain dari dua jenis kabel ini adalah jenis sinyal yang digunakan. VGA sendiri menggunakan sinyal analog untuk mengirimkan data, sementara itu HDMI menggunakan sinyal digital. Oleh karena itu cara untuk mengubah kabel HDMI ke VGA ataupun sebaliknya adalah dengan menggunakan  adaptor ekternal.

4. Dukungan Resolusi

HDMI dan VGA juga memiliki perbedaan grafis pada monitor. Walaupun sebenarnya VGA mampu mendukung resolusi hingga 2049 x 1536, tapi VGA sangat tidak stabil, sehingga membuthkan perlakuan khsusu untuk menggunakannya. Contohnya seperti Panjang kabel yang harus disesuaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sangat berbeda dengan VGA, HDMI mempu mendukun berbagai resolusi, kualitasnya pun tidak akan terpengaruh oleh Panjang kabel ataupun sinyal.

5. Refresh Rate

Untuk Refresh rate kedua kabel memiliki perbedaan yang cukup jauh, VGA mampu mendukung hingga 85Hz, di sisi lain HDMI mampu mencapai 240Hz untuk resolusi 1080px. Ini perlu diperhatikan apalagi bagi mereka yang suka bermain game, menggunakan HDMI adalah pilihan yang tepat karana memilii transisi antar frame yang jauh lebih bagus.

Kesimpulan

OK, jadi sekarang anda sudah tau Apa itu VGA?, Apa itu HDMI?, dan tau lebih dalam tentang perbedaanya. Soal pilihan yang mana yang harus dipilih VGA atau HDMI  itu tergantung dari masing orang dan kebutuhannya untuk apa. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Perbedaan HDMI dan VGA: Mana Yang Lebih Baik?"