Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan antara Internet dan Intranet yang jarang diketahui.

Sampai saat ini, kebanyakan orang menganggap internet dan intranet itu sama. Sebenarnya, ada dua fitur pembeda dasar. Apalagi siapa saja yang bisa mengaksesnya.

Jaringan itu sendiri didefinisikan sebagai keseluruhan jaringan komputer yang terhubung yang menggunakan sistem global “Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP)) sebagai protokol pertukaran paket.protokol komunikasi perpindahan paket) melayani jutaan pengguna di seluruh dunia.

Meskipun intranet adalah jaringan pribadi (private network) yang menggunakan jaringan (TCP/IP), untuk berbagi informasi perusahaan atau informasi rahasia dengan karyawannya. Tanpa basa-basi lagi, ternyata ada beberapa hal lain yang membedakan jaringan dengan intranet. Berikut beberapa detailnya.

Perbedaan antara Internet dan Internet

  1. Dalam hal penggunaan, jaringan menghubungkan komputer yang berbeda dari seluruh dunia. Sedangkan intranet sendiri menghubungkan beberapa komputer yaitu beberapa komputer yang berada pada jaringan komputer tertentu. Lain halnya dengan komputer dalam jaringan komputer perusahaan. Intranet adalah bagian dari Internet tetapi tidak dengan cara yang berbeda.
  2. Jaringan dapat diakses oleh siapa saja, sedangkan intranet hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan. Sedangkan untuk menginstal intranet, Anda harus login terlebih dahulu.
  3. Akses yang luas membuat keamanan internet menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, tidak heran jika detail dan informasi penting yang dikirimkan secara online bisa masuk ke pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Adapun intranet, ia memiliki banyak daya karena ketersediaannya yang terbatas.
  4. Seperti yang telah dikatakan bahwa pengguna jaringan dapat diakses oleh siapa saja, jumlah pengguna dapat dikatakan tidak terbatas. Sedangkan pengguna intranet terbatas pada satu perusahaan atau organisasi.
  5. Informasi yang tersedia secara online berasal dari berbagai sumber dan sumber. Informasi dapat diakses oleh siapa saja yang terhubung ke Internet. Sedangkan isi website adalah berita-berita yang sudah spesifik dan bermanfaat untuk kepentingan organisasi atau perusahaan. Tidak hanya itu, informasi yang tersedia di intranet hanya dapat diakses oleh karyawan atau karyawan perusahaan.
  6. Adapun pemilik, jaringan bukan hanya kelompok atau organisasi tertentu. Meskipun jaringan intranet milik organisasi atau perusahaan tertentu. Dengan demikian, jaringan disebut jaringan sosial, sedangkan intranet disebut jaringan pribadi.
  7. Perbedaan terakhir adalah bahwa jaringan dapat menggunakan berbagai teknologi jaringan seperti teknologi nirkabel, optik atau elektronik. Meskipun kebanyakan intranet menggunakan teknologi LAN atau WAN saja.

Dengan demikian, informasi tentang perbedaan antara jaringan dan intranet seringkali tidak diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Posting Komentar untuk " Perbedaan antara Internet dan Intranet yang jarang diketahui."