Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Topologi Peer to Peer : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Saat ini banyak sekali jenis topologi online yang digunakan untuk umum. Dimulai dengan topologi Bus, Topologi Star, Topologi Ring, Topologi Mesh, Topologi Linear, dan yang akan kita bahas adalah Topologi Peer to Peer

Pengertian Topologi Peer to Peer : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Memang benar bahwa penggunaan jenis dan topologi jaringan ini unik. Setiap jenis topologi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang fungsinya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Namun kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang topologi peer to peer. Jenis topologi ini sebenarnya sangat sederhana karena prosesnya hanya menggunakan dua komputer yang terhubung.

Jadi topologi jenis ini hanya menggunakan satu kabel untuk menangani pertukaran data.

Berikut penjelasan lain untuk pengertian topologi peer to peer serta kelebihan dan kekurangan menggunakan topologi peer to peer.

Pengertian Topologi Peer to Peer

Topologi peer-to-peer adalah jaringan komputer yang terdiri dari dua kompartemen, tidak lebih dari 10 komputer.

Sehingga setiap komputer dapat berinteraksi tanpa harus memiliki server. Dapat dikatakan bahwa setiap komponen komputer dapat menjadi pelanggan atau server. Ini adalah konsep topologi rekan ke rekan.

Topologi jaringan peer-to-peer selalu dikaitkan dengan jenis topologi jaringan bus, tetapi topologi rekan ke rekan memiliki sistem komunikasi dan titik penghubung tidak berasal dari sisi yang sama dengan tipe topologi kemudian.

Dalam topologi web rekan ke rekansetiap pengguna komputer bertanggung jawab untuk mengelola perangkat keras komputer, mulai dari mengatur nama pengguna, berbagi, menandai izin akses, dan sebagainya.

Setiap pengguna bertanggung jawab untuk menyimpan data di komputer. Untuk menginstal topologi jaringan rekan ke rekansebenarnya murah dan mudah dibuat.

Jenis topologi jaringan rekan ke rekan Ini biasanya hanya membutuhkan 2 komputer dengan kartu jaringan NIC (Kartu Antarmuka Jaringan) dan terhubung ke jaringan yang sama.

Setelah komputer terhubung, pengguna akan dapat berbagi data atau informasi dengan pengguna lain secara langsung dan terarah.

Cara Kerja Topologi Peer To Peer

Komputer pada jaringan peer to peer itu dapat bertindak sebagai klien atau sebagai server, jaringan rekan ke rekan mereka tidak memiliki kontrol pusat atas perangkat bersama.

Semua perangkat dapat berbagi perangkat mereka dengan semua komputer di jaringan yang sama. Hubungan peer-to-peer berarti bahwa tidak ada satu komputer pun yang memiliki akses tertinggi, atau tanggung jawab tertinggi untuk berbagi sumber daya.

Kelebihan Topologi Peer to Peer

Topologi peer to peer memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan topologi peer to peer, antara lain:

  • Menggunakan topologi jaringan peer to peer tidak akan beban bekerja pada komputer lain dalam jaringan. Pasalnya, setiap komputer memiliki file-file yang tersimpan dan file-file tersebut juga dapat digunakan dengan komputer lain secara bersamaan.
  • Setiap komputer dalam topologi peer to peer dapat mentransfer file dan menerima file yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna.
  • Biaya pembelian dari peer to peer biaya rendah daripada jenis topologi jaringan. Ini karena jaringan ini tidak memerlukan komputer server atau perangkat lain untuk terhubung ke jaringan.
  • Jenis jaringan peer-to-peer terdiri bersifat independen dimana setiap komputer jaringan dapat melakukan sesuatu tanpa bergantung pada server atau perangkat penghubung lainnya seperti sakelar, hub, dan sebagainya.
  • Sangat mudah untuk diimplementasikan, hal ini dikarenakan banyak dukungan dari software dan hardware versi terbaru.

Kelemahan Topologi Peer to Peer

Tidak hanya memiliki kelebihan, peer to peer juga memiliki banyak kekurangan antara lain:

  • Karena data dipublikasikan di setiap perangkat, tentu saja, pencadangan harus dilakukan di setiap komputer.
  • Pengaturan dan pengaturan topologi peer to peer ini dianggap lebih sulit.
  • Sedangkan untuk keamanan topologi jaringan jenis ini sangat tidak aman, hal ini dikarenakan setiap jaringan komputer memiliki tingkat proteksi yang berbeda satu sama lain.
  • Ide menyimpan file atau data dalam topologi jaringan peer-to-peer dibagikan oleh setiap komputer. Hingga salah satu jaringan komputer terganggu, hal itu menyebabkan akses data terganggu.

Demikian artikel mengenai Pengertian Topologi Peer to Peer : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Terima kasih telah belajar bersama kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk " Pengertian Topologi Peer to Peer : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan"