Pengertian, Fungsi, Dan Cara Penggunaan Repeater - EtalaseMedia.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, Dan Cara Penggunaan Repeater

Kita sering mendengar kata repeater, tetapi tahukah Anda apa yang dimaksud dengan tema repeater? Apalagi jika Anda berada di bidang networking secara umum, Repeater sering disebut juga dengan extender adalah hardware/perangkat keras yang sering digunakan untuk membantu mengakses suatu jaringan.

Akses jaringan komputer biasanya membutuhkan alat ini untuk meningkatkan penerimaan sinyal jaringan yang ada. Terutama di area atau area yang jaringannya jauh atau tidak cukup untuk menerima sinyal.

Pengertian Repeater

Arti repeater dipelajari dalam bahasa, orang yang mengulang berasal dari bahasa Inggris “repeat” yang artinya pengulangan atau pengulangan. Dalam bahasa jaringan komputer, ini dapat didefinisikan sebagai sinyal transmisi data yang berulang untuk menghasilkan biaya transfer data yang lebih tinggi. Tentunya alat ini sangat berguna di daerah atau daerah dengan jangkauan jaringan yang terbatas. Secara khusus, ada banyak manfaat dan kegiatan seseorang mengulangi dirinya sendiri. Di bawah ini kami akan mencoba menelaah kembali fungsi dan manfaat orang yang berulang-ulang serta uraiannya.

Fungsi Repeater

1. Fungsi repeater untuk memperpanjang keamanan sinyal internet

Repeater ini mampu meningkatkan transmisi data jaringan untuk menciptakan koneksi jaringan yang lebih tinggi dan memperluas perlindungan sinyal. Tanpa pengulangan, aksesibilitas web Anda hanya dapat menjangkau beberapa tempat, bahkan area yang kecil.

2. Fungsi repeater untuk meningkatkan dan mengoptimalkan tampilan wifi

Repeater juga berfungsi untuk menambah dan meningkatkan sinyal wifi dengan cara mengulang cara pengiriman data. Pengulangan data ini berlangsung dengan menangkap dan menambahkan sinyal ke akses jaringan internet yang terhubung ke perangkat ini.

3. Fungsi repeater untuk mempercepat pengiriman dan penerimaan data

Repeater  ini juga mampu meningkatkan pengiriman dan penerimaan data jaringan. Dengan alat ini, mereka yang ingin mengunduh atau mengunggah file / film bisa mendapatkan kecepatan yang lebih cepat.

4.Fungsi repeater untuk kurangi penggunaan kabel jaringan

Repeater  ini juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menggunakan jaringan seluler, yang dapat memakan biaya. Tidak menutup kemungkinan jika ada situs yang ingin memperluas jaringan harus memasang kabel jaringan puluhan meter. Namun, kehadiran orang yang berulang dapat mengurangi dampak penggunaan kabel jaringan.

5. Fungsi repeater sebagai pengganti router jika rusak

Berulang kali juga berfungsi sebagai titik akses atau router, jadi jika router Anda bermasalah, maka Anda dapat menggunakan perangkat ini sebagai fungsi login router. Ini dapat mengurangi beban Anda membeli router untuk menyelesaikan masalah.

Repeater ini dikenal sebagai alat penguat sinyal wifi yang sekarang banyak dicari oleh masyarakat. Dengan pengulangan ini banyak sinyal wifi yang progresif, sinyal kuat dan stabil, serta akses jaringan tidak mudah putus sehingga mudah digunakan. Ada berbagai macam repeater yang dihasilkan oleh beberapa produsen, baik dalam bentuk kotak besar atau bahkan dalam format kecil.

Cara Menggunakan Repeater 

  1. Hubungkan perangkat repeater ke jaringan listrik.
  2. Gunakan Laptop, PC, atau smartphone Anda, buka Mozilla, browser Chrome, dan sebagainya.
  3. Masukkan dan ketik IP yang tercantum dalam manual.
  4. Masukkan username dan password “admin” sesuai petunjuk.
  5. Setelah menemukan SSID di area sekitar, pilih salah satu yang ingin Anda tambahkan ke rentang.
  6. Orang yang berulang siap untuk pergi, dan memindahkannya ke mana pun Anda mau.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi, Dan Cara Penggunaan Repeater, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, Dan Cara Penggunaan Repeater"