6 Penyebab dan Cara Mengatasi Tanda Silang Merah WiFi di PC/Laptop - EtalaseMedia.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Tanda Silang Merah WiFi di PC/Laptop

Salah satu masalah komunikasi yang paling umum terjadi pada komputer atau laptop adalah adanya tanda silang merah di area sinyal Wi-Fi. Akibatnya, laptop atau PC yang bersangkutan tidak dapat terhubung ke Internet melalui jaringan WiFi di rumah atau kantor. Meskipun kami menggunakan cara lain dengan menghubungkan modem, PC/laptop tetap menolak untuk terhubung.

Cara Mengatasi Tanda Silang Merah WiFi di PC/Laptop

Ini terjadi tiba-tiba, padahal sebelumnya sudah diketahui koneksi WiFi baik-baik saja sayang. Ikon jaringan WiFi muncul dalam tanda silang merah yang muncul karena beberapa titik. Dan untuk setiap penyebab palang merah di Wi-Fi, cara mengatasinya berbeda-beda.

Adapun yang membuat WiFi tiba-tiba muncul tanda silang dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

Penyebab dan cara menghilangkan tanda silang merah pada icon WiFi di komputer atau laptop OS Windows 7, 8, dan 10

Langkah-langkah berikut ini bisa digunakan untuk memperbaiki atau memperbaiki tanda silang merah pada sinyal WiFi PC/laptop, baik yang menggunakan sistem operasi Windows 7, Windows 8 (8.1) maupun Windows 10.

1. Driver WiFi tidak diinstal

Penyebab utama munculnya tanda palang merah pada sinyal jaringan WiFi PC/laptop adalah driver yang bernama WLAN, Wireless (atau sejenisnya) tidak disertakan (atau belum terinstall sepenuhnya). Ini sangat umum jika komputer atau laptop Anda baru saja diinstal ulang.

Untuk mengetahui apakah driver WiFi belum terpasang, Anda bisa melihat langsung ke Device Manager.

Caranya klik kanan pada PC ini > pilih Properties > perhatikan menu sebelah kiri lalu klik Device Manager > lalu pilih Network adapters.

atau dengan cara sebagai berikut :

Tekan tombol Windows + R lalu ketik  mmc devmgmt.msc

Untuk mengetahui driver wifi mana yang tidak disertakan, akan ada tanda peringatan (tanda tanya atau segitiga kuning) di daftar driver yang tersedia.

Lihat saja, nama driver yang masih ada tanda peringatannya, lalu lihat DVD drivernya sesuai laptop Anda. Atau Anda dapat menelusuri situs web laptop untuk melihat daftar lengkap driver.

2. Fungsi Driver Wifi Disable (dinonaktifkan)

Memblokir driver WiFi juga akan menyebabkan muncul tanda silang merah sebagai ikon koneksi WiFi di PC/laptop Anda. Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari kecelakaan saat menggunakan komputer.

Mungkin karena seseorang menekan kombinasi tombol yang dapat mencegah driver WiFi bekerja.

Untuk mengetahui apakah ada Driver WiFi yang tidak aktif, untuk menghilangkan tanda silang merah pada sinyal WiFi silahkan cek kembali Pengaturan perangkat. Lihatlah tanda-tanda yang berbeda

Agar driver WiFi ini bisa di restart dan tanda palang merah pada sinyal WiFi bisa dihilangkan, caranya sangat mudah. Cukup klik kanan driver, dan pilih Aktifkan.

3. WiFi PC/Laptop tidak ON

Penyebab munculnya palang merah pada sinyal WiFi berikutnya adalah WiFi tidak dinyalakan atau dimatikan, belum dinyalakan. Tentu ini sangat mudah ditemukan.

Solusi untuk masalah ini adalah membukanya kembali dengan masuk ke Windows Mobility Center.

Untuk Windows 7:

Tekan tombol Windows + X lalu pilih Turn Wireless On

Untuk Windows 8 dan Windows 10 :

Tekan tombol Windows + X kemudian piih Mibility Center, Pilih Turn Wireless on.

4. Gagal memperbarui Windows

Salah satu masalah teknis paling umum yang menyebabkan kesalahan komputer atau laptop adalah kegagalan untuk memperbarui Windows. Kerusakan sistem bisa dimana-mana, belum lagi penyebab error dan muncul tanda silang merah pada sinyal WiFi di PC/laptop.

Alasan kegagalan upgrade Windows ini tidak terlindungi dari kesalahan pengguna. Tidak sedikit pengguna yang salah cara melakukan upgrade. Bagaimana itu?

Beginilah cara pembaruan Windows dilakukan lebih lama, lebih dari sekali setiap 6 bulan untuk diperbarui. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan Windows.

Ingat, menginstall ulang Windows bukanlah solusi yang tepat jika ingin komputer/laptop Anda lebih awet. Lebih baik sering meningkatkan. Pembaruan Windows tidak memerlukan hitungan jaringan yang cepat, kecepatan menengah dapat digunakan untuk memperbarui Windows. Hanya perlu beberapa menit untuk memperbarui.

Namun jika sewaktu-waktu terjadi kegagalan untuk mengupdate Windows, solusinya adalah dengan melakukan back up dan restore:

Untuk Windows 7:

Klik Start, masuk ke Control Panel, pilih Backup and Restore, lalu pilih Restore system settings or your computer.

Untuk Windows 8 atau 8.1:

Pergi ke Control Panel pilih Recovery dan pilih Open System Restore.

Untuk Windows 10:

Klik icon Windows di pojok kiri bawah > tekan tombol gear (tombol pengaturan) > Update & Security > Recovery. Jika menurut Anda itu “berbahaya”, coba perbarui dulu. By the way (masih di Update & Security) klik Windows Update > Restart now.

Lanjutkan dengan memilih restore point. Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, pastikan restore point akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum melakukan update ke Windows troubleshooting WiFi.

Pilih Next jika sudah yakin > Finish with Finish. Tunggu beberapa menit hingga proses pemulihan selesai.

Tujuan dari restore point ini adalah untuk mengembalikan sistem ke keadaan semula (sesuai dengan tanggal restore point yang dipilih).

5. Salah Instal Driver WiFi 

Hal ini sering terjadi pada perangkat PC/laptop yang kehilangan DVD atau file driver. Jadi main saja dengan driver yang terinstall, tanpa mengetahui dan mengecek terlebih dahulu driver yang terinstall.

Jelas ini akan menyebabkan kesalahan di bagian WiFi. Perlu diperhatikan meskipun perangkat laptop mereknya sama, tapi drivernya beda banget lho. Karena jenis laptop bisa berbeda satu sama lain.

Jadi menginstal driver laptop, tidak hanya mengacu pada jenisnya, tetapi juga hal lain, seperti jenis laptop, sistem operasi (Windows 7, 8, atau 10), prosesor (AMD atau Intel) dan konfigurasinya.OS (32 atau 64bit).

6. Driver adaptor jaringan tidak sepenuhnya terpasang

Cara Mengatasi Tanda Silang Merah WiFi di PC/Laptop

Hal penting lainnya yang membuat tanda silang merah muncul pada sinyal WiFi di PC/laptop adalah daftar driver yang dibutuhkan adapter jaringan belum terpasang sepenuhnya.

Jika ada bagian dari tautan driver dari daftar yang tidak diinstal, cari driver dan instal.

Itulah pembahasan mengenai 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Tanda Silang Merah WiFi di PC/Laptop

Kami harap ini juga membantu semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "6 Penyebab dan Cara Mengatasi Tanda Silang Merah WiFi di PC/Laptop"