Belajar Konsep Dasar Dan Jenis Jaringan Komputer, Lengkap Dengan Contohnya - EtalaseMedia.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Konsep Dasar Dan Jenis Jaringan Komputer, Lengkap Dengan Contohnya

Belajar mengenal dasar dan jenis jaringan komputer – Siapa yang tidak membutuhkan jaringan di dunia modern seperti saat ini ? Semua perangkat yang yang saling terhubung didunia internet disebut sebagai jaringan. Bisa sobat bayangkan apabila tidak ada jaringan didunia ini, mungkin jika sobat sedang kangen dengan seseorang maka sobat harus mendatanginya langsung atau bisa dengan mengirim surat seperti jaman dulu. Tapi beruntungnya kita sekarang yang hidup diera digital, berkat jaringan internet semuanya terasa lebih dekat, mulai dari chatting sampai dengan video call bisa dengan mudah kita lakukan.

Tapi jika ngomong-ngomong tentang networking ada banyak sekali macam dan jenis jaringan komputer yang ada di dunia ini. Selain itu jaringan juga digunakan berdasarkan area atau luas wilayah nya loh. Jadi, kalau sobat mau membuat jaringan tentu gak bisa sembarangan dan ada aturan sama alat-alatnya juga, bila semuanya tidak menggunakan aturan maka jaringan tersebut bisa dipastikan tidak akan terhubung. Maka dari itu kami mau membahas lebih dalam sistem jaringan dasar komputer, berikut kami jelaskan berdasarkan pengelompokannya yah, silahkan disimak.

MENGENAL JARINGAN BERDASARKAN TEMPAT ATAU WILAYAHNYA

1. LAN (Local Area Network)

LAN atau kepanjangan dari Local Area Network, merupakan jaringan yang hanya dibuat khusus untuk satu gedung atau tempat saja. Contoh dari LAN sering sekali kita jumpai seperti diwarnet dan disekolah-sekolah. Didalam jaringan LAN kita bisa melakukan sharing resource dan berbagi data ke beberapa komputer atau user yang terhubung, hal tersebut bisa kita jumpai dalam workgroup. Dari penggunaan workgroup ini juga akan mempermudah kita dalam memanage sebuah jaringan.

Keuntungan menggunakan LAN yaitu :

  • Setiap user dapat melakukan sharing data dengan mudah dan cepat
  • Setiap user dapat menyimpan sebuah data secara terpusat pada suatu perangkat (File Server)
  • Setiap user dapat saling komunikasi antara satu dengan yang lainnya
  • Setiap user dapat menggunakan printer yang terhubung

2. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network), adalah sebuah jaringan yang bisa menghubungkan berbagai perangkat komputer dalam satu kota. Jaringan ini setingkat lebih tinggi dari jaringan LAN. Contoh dari jaringan MAN yakni seperti perusahaan-perusahaan dalam satu kota yang saling terhubung dengan jaringan untuk bertukar data atau informasi lainnya. Konsep jaringan ini sama dengan jaringan LAN, yakni melakukan sharing resource dan berbagi data, tetapi untuk MAN mencakup daerah yang lebih luas.

3. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network adalah jaringan yang paling besar diantara kedua jaringan diatas, jaringan ini mencakup daerah geografis yang paling luas mulai dari antar kota, pulau, negara bahkan benua sampai dengan luar angkasa sekalipun. WAN juga merupakan perpaduan dari LAN dan MAN dimana kedua jaringan tersebut diperluas sampai dengan kebutuhan yang diperlukan baik antar Negara atau Benua sekalipun. Untuk contohnya bisa kita lihat seperti beberapa waktu lalu terdapat bank lokal yang meluncurkan satelitnya ke luar angkasa untuk memperluas jaringannya.

Atau contoh lain untuk skala nasional seperti halnya pada perusahan Bank “A” yang memiliki kantor pusat di Bandung kemudian ingin membuka kembali cabangnya di Bogor, Kalimantan, dan Padang, kemudian perusahaan Bank “A” juga mendirikan cabang lainnya yang berada di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan juga Thailand. Dari setiap cabang tersebut akan memiliki kantor sendiri dengan jumlah karyawan serta fasilitas yang lengkap beserta ATM (Automatic Teller Machine). Untuk memperoleh informasi mengenai transaksi keuangan dari seluruh kantor cabang yang ada, maka Perusahaan Bank “A”  harus membuat jaringan WAN yang terhubung satu sama lain.

Keuntungan menggunakan WAN yaitu :

  • Setiap kantor cabang bisa berkomunikasi langsung dengan menggunakan e-mail atau chatting.
  • Setiap berkas atau dokumen bisa dikirimkan melalui surel (surat elektronik), hal ini lebih instan dibandingkan pengiriman melalui kantor pos.
  • Data-data segala aktifitas juga bisa disimpan pada komputer server dengan terpusat.

MENGENAL JARINGAN BERDASARKAN TOPOLOGI JARINGAN (Bentuk Jaringan)

1. Topologi BUS

Topologi bus merupakan topologi yang banyak digunakan, karena jaringan ini digunakan untuk ruang lingkup yang kecil, cara kerja jaringan ini yaitu jika sikomputer akan mengirim data, maka ia akan melihat keadaan lalu lintas jaringan tersebut, nah data tersebut akan dikirim dalam antrian jika kondisi lalu lintas tersebut kosong, hal itu dilakukan untuk menghindari adanya tabrakan data yang mengakibatkan data tidak sampai ke tujuannya.

Keuntungan menggunakan Topologi BUS yaitu :

  • Hemat kabel karena jaringan ini tidak begitu ribet
  • Infrastruktur yang sederhana

2. Topologi Ring

Topologi ring atau yang berarti topologi berbentuk cincin, jaringan jenis ini menghubungkan semua komputer dimana setiap ujung jaringan tersebut akan dipertemukan kembali sehingga membentuk lingkaran seperti layaknya cincin. Untuk topologi ring ini akan ada satu komputer yang bertugas sebagai token (Kendaraan) dimana nantinya ia akan mengirim atau mengantarkan data, token ini juga akan mengantar data melalui media transmisi hingga sampai dengan tujuan yang tepat. Tetapi untuk membangun sebuah jaringan ini tingkat kesulitan untuk parbaikannya juga cukup tinggi serta harga pemasangannya yang relatif lebih mahal.

3. Topologi Star

Untuk jenis jaringan topologi star ini maka setiap komputer yang terhubung dalam jaringan akan melewati sebuah alat penghubung bernama HUB (jika sobat belum mengenal hub nanti akan kami bahas pada lain kesempatan). Salah satu cara kerja dari topologi tersebut yakni semua data akan melewati hub tersebut yang nantinya akan diteruskan kekomputer tujuan.

Keuntungan Menggunakan Topologi Star :

  • Lebih mudah untuk dibangun
  • Jika memang terjadi kerusakan maka akan mudah terdeteksi
  • Jika terdapat kerusakan di satu perangkat, maka koneksi untuk yang lainnya tidak akan terganggu

4. Topologi Tree

Topologi tree ini sebenarnya sebuah jaringan yang memadukan antara ketiga topologi lainnya, yaitu bus dan star, cara kerjanya pun tentu hampir mirip dengan kedua topologi tersebut.

Keuntungan Menggunakan Topologi Tree yaitu :

  • Pengembangan dari dua topologi sehingga lebih memungkinkan
  • Didukung oleh hardware dan software

5. Topologi Mesh (Web)

Topologi mesh adalah sebuah topologi yang mana setiap komputer akan terhubung dengan yang lainnya  secara langsung. Dan perlu diketahui bahwa jaringan ini sangat jarang untuk praktiknya, karena pada topologi ini sangat membutuhkan banyak kabel dan konfigurasinya yang cukup sulit, selain itu topologi mesh ini hanya diterapkan pada jaringan WAN atau jaringan-jaringan lain yang jangkauannya luas seperti Internet.

Keuntungan Menggunakan Topologi Mesh yaitu :

  • Mencakup jaringan besar
  • Mempunyai banyak alur dalam komunikasi data

MENGENAL JARINGAN BERDASARKAN MEDIA TRANSMISI/ MEDIA PENGHANTARNYA

1. Jaringan Kabel (Wireline)

Jaringan kabel atau wireline adalah sebuah jaringan yang mengandalkan kabel sebagai media penghantarnya. jenis kabel yang digunakan ini ada beberapa macam yaitu :

    A. Kabel UTP (Unshield Twisted Pair)

Kabel UTP merupakan kabel yang sering digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Pada kabel ini terdapat 4 pasang bagian dan pada setiap bagian tersebut memiliki 2 serat dengan warna yang berbeda-beda, untuk dihubungkan dengan konektor RJ45. Kabel ini memiliki jangkauan data maksimal 100 meter.

    B. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel ini mirip dengan kabel UTP, tetapi untuk kabel STP lebih sensitif pada sinyal radio dan listrik. Kabel ini sering digunakan untuk topologi token ring.

    C. Kabel Coaxial

Kabel ini terdiri dari satu konduktor yakni tembaga yang dilapisi plastik diantara pengaman serat besi. Kabel ini juga sensitif terhadap gangguan sinyal tertentu. Dalam kabel ini terdapat dua tipe yaitu tipe RG-58, tipe ini dapat menjangkau jarak sekitar 200 meter dan tipe RG-8 yang dapat menjangkau jarak lebih jauh yaitu 500 meter.

    D. Kabel Fiber Optic

Kabel ini merupakan kabel yang terdiri dari serat kabel tipis serta mempunyai kemampuan menghantarkan sinyal dengan jarak yang paling jauh dan kecepatan tinggi, kabel ini dapat menjangkau 2000 meter jauhnya.

2. Jaringan Wireless

Jaringan wireless atau jaringan tanpa kabel ini adalah jaringan yang mengandalkan gelombang radio, sinar laser ataupun inframerah. Jaringan ini bisa disebut jaringan yang praktis karena tidak perlu menggunakan kabel sebagai media penghantarnya.

3. Jaringan Satelit

Jika memang jaringan-jaringan kabel/ wireless diatas tidak dapat menjangkau wilayah-wilayah tertentu, maka Satelit lah solusinya. Satelit dapat menjangkau area geografis yang lebih luas dengan kecepatan transfer yang sangat tinggi serta sistem ini juga sangatlah sulit disadap jika dibandingkan dengan jaringan wireless maupun wireline.

Seperti itulah jenis dan dasar dari jaringan komputer secara teknis yang bisa sobat pelajari. Silahkan pahami terlebih dahulu masing-masing alat maupun topologi yang sudah kami tuliskan diatas, jika masih ada yang belum dipahami sobat bisa menanyakannya langsung dikolom komentar ataupun melalui halaman contact us yang tersedia.

Sekian untuk artikel kali ini, Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Belajar Konsep Dasar Dan Jenis Jaringan Komputer, Lengkap Dengan Contohnya"