Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Koneksi Internet Melalui Jaringan LAN Lambat

Koneksi internet saat ini tidak hanya digunakan untuk berselancar di internet atau instant messaging. Apalagi koneksi internet saat ini sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok, hal ini tidak lain adalah sebagian besar pekerjaan yang bergantung pada koneksi internet.

6 Penyebab Koneksi Internet Melalui Jaringan LAN Lambat

Saat mengimplementasikan dan mengatur jaringan LAN bukan tidak mungkin akan muncul banyak jenis masalah nantinya. Sebagian besar masalah muncul dari kondisi perangkat keras jaringan komputer atau perangkat keras yang digunakan. 

Dari jenis jaringan komputer yang ada lebih banyak orang yang menggunakan LAN daripada jaringan MAN dan WAN. mengapa? Karena LAN merupakan jaringan yang fleksibel dan efisien untuk banyak pengguna dengan kebutuhan sedang. Namun beberapa perusahaan kecil tidak menggunakan LAN bukan WAN. Selain itu biaya yang dikeluarkan lebih murah. Apa masalah paling umum dengan LAN? Apa alasannya? 

Berikut beberapa penyebab koneksi internet melalui LAN lambat

1. Konektor RJ45 Seudah Berkarat

Konektor RJ45 adalah konektor yang disisipkan pada ujung kabel yang dipilin (UTP & STP), konektor ini berfungsi untuk menghubungkan kabel yang terpilin melalui LAN Card atau NIC (Network Interface Card). Konektor RJ45 sangat berpengaruh terhadap proses transfer data pada jaringan LAN, karena tanpa adanya koneksi RJ45 maka komputer anda tidak akan bisa terkoneksi dengan jaringan kabel.

Konektor RJ45 terbuat dari plastik dan konektor konektor terbuat dari tembaga, pastikan tidak ada konektor yang berkarat, karena jika pin konektor berkarat akan merusak stabilitas jaringan.

Pin konektor yang kondisinya berkarat masih bisa digunakan tetapi akan memperlambat koneksi karena sistem transmisi data tidak bekerja dengan baik dan yang terburuk dapat menyebabkan koneksi menjadi tinggi dan rendah.

Masalah yang terkait dengan pengait tidak terbatas pada sambungan yang berkarat, dan mungkin juga karena kualitas crimping yang tidak bagus. Solusinya harus ganti konektor karena konektor RJ45 hanya bisa dipakai sekali dan tidak bisa diperbaiki.

2. Kabel UTP Sudah Rusak

Body point kedua adalah kabel twisted (UTP atau STP) yang Anda gunakan untuk menyambung gaya tidak dalam kondisi baik, seperti korosi (kondisi kabel berkarat dan mudah terurai) atau pasangan kabel lainnya e. terputus.

Kabel bengkok memiliki 8 kabel kecil di dalamnya. Tidak semuanya digunakan untuk transfer data, tetapi hanya 1, 2, 3 dan 6 kabel, sedangkan sisanya digunakan untuk daya: misalnya untuk menghidupkan perangkat akses yang sudah menggunakan sistem PoE ( Power Ethernet).

Kerusakan kabel sangat sulit untuk dideteksi, apalagi jika kabel menabrak dinding atau plafon dengan pipa conduit, jika terjadi kerusakan kabel yang signifikan tentu akan sangat merusak stabilitas jaringan anda. Jika ada masalah seperti ini, solusinya adalah dengan mengganti ponsel lama dengan yang baru.

3. Router atau Switch Hang

Selain merusak konektor dan kabel, router dan sakelar suspensi juga dapat merusak stabilitas jaringan, situasi yang sering terjadi karena perangkat tidak dilengkapi dengan pendingin karena kipas pendingin dapat menjaga suhu tetap dingin.

Saya sering menemukan kasus seperti ini di lapangan, saya memeriksa konektor dan kabel dan tidak ada kerusakan sama sekali, tetapi tampaknya suhu peralatan seperti router dan sakelar sangat panas. Solusinya restart beberapa menit lalu koneksi langsung normal kembali.

4. Lalu lintas data penuh lalu lintas (bandwidth kedaluwarsa)

Secara analogi, jaringan atau jaringan komputer ibarat jalan yang menghubungkan kota, kabupaten, kabupaten, kota, bahkan provinsi. Jika jalan raya macet (overcrowded), maka kendaraan yang hendak menyeberang jalan akan terjebak dan tidak akan lewat sama sekali.

Sama halnya dengan data jaringan di suatu jaringan, jika bandwidth penuh dengan lalu lintas, maka aliran data akan terganggu, itulah sebabnya jaringan Anda merasa tertunda ketika jaringan Anda penuh.

Jika bandwidth yang didapatkan dari ISP terlalu kecil, sebaiknya menggunakan metode QoS (Service Quality) atau yang biasa disebut dengan bandwidth control agar setiap pengguna jaringan menerima alokasi bandwidth yang sama. Hal ini dilakukan untuk menghindari monopoli bandwidth oleh pengguna tertentu, misalnya ada pengunduh film menggunakan IDM yang mencegah pengguna lain mengakses jaringan.

Untuk mengimplementasikan perangkat QoS bisa menggunakan bandwidth limit atau router yang sudah mendukung bandwidth limit, saya sarankan menggunakan router Mikrotik karena router Mikrotik memiliki dan tools seperti Simple Queue atau Queue Tree untuk keperluan ini. Anda dapat membaca pelajaran di sini (Cara mengurangi bandwidth dengan antrian mudah ke mikrotik).

5. Jaringan penuh air

Banjir adalah salah satu ancaman jaringan komputer dengan lalu lintas banjir yang tidak biasa, banjir sering terjadi jika Anda memiliki IP Publik yang Anda tancapkan ke router, serangan banjir sering datang dari luar jaringan – poni yang menyerang router atau server di jaringan rumah.

Jenis banjir yang paling umum dan umum adalah Penolakan Layanan Terdistribusi (DDoS) yang dilakukan dengan mengirimkan sejumlah besar paket ICMP (ping) dari beberapa host. Efek dari serangan DDoS ini adalah router atau server yang menjadi target serangan akan kehabisan resource sehingga router atau server tersebut tidak dapat bekerja dengan baik dan pengguna jaringan lokal tidak akan bisa online (walaupun mungkin , tapi sangat lambat) atau layanan terkait jaringan lainnya.

Untuk mengalahkan serangan DDoS, Anda dapat mengunduh paket icmp offline yang masuk ke router Anda dengan cara yang tidak biasa.

Selain serangan DDoS, saya sering menjumpai kasus-kasus terkait banjir lainnya, misalnya banjir yang menyerang layanan DNS (UDP 53) atau layanan Web-Proxy dengan port TCP 8080. Kedua serangan ini biasanya dilakukan oleh penyerang dalam mengambil keuntungan. perangkat berupa IP Publik yang kami miliki untuk spamming atau tujuan lainnya.

Untuk mengatasinya, kita bisa memfilter layanan tersebut agar tidak ada penyerang yang bisa menyerang di luar jaringan.

6. Komputer Terinfeksi Virus

Yang terbaru seringkali karena komputer atau laptop pengguna terinfeksi virus, malware, adware atau sejenisnya. Pengaruh perangkat seperti CPU dan Memori pada komputer akan sering gagal karena program jahat yang berjalan di latar belakang. Jika komputer yang digunakan untuk aktivitas komputer normal sudah bergerak lambat, bagaimana Anda ingin berenang dengan benar? Ya benar?

Jadi apa solusinya? Solusinya tentu saja melindungi sistem operasi Anda dengan antivirus, anti-malware, dan anti-malware lainnya.

Penutup

Terakhir, Anda bisa memutuskan sendiri karena sudah saya jelaskan semuanya pada 6 poin di atas. Itu saja untuk saat ini, saya harap ini adalah topik penyebab koneksi internet lambat Apa yang saya katakan saat ini dapat menawarkan manfaat bagi pembaca yang budiman.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Koneksi Internet Melalui Jaringan LAN Lambat"