Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Laptop bekas yang perlu anda ketahui

Banyak yang ingin membeli laptop bekas tapi takut akan kualitasnya, apakah masih layak atau tidak. Karena memang tidak jarang penjual laptop bekas yang curangj sehingga merugikan kita sebagai pembeli.

Tips Membeli Laptop bekas yang perlu anda ketahui

Bagi orang yang awam, atau tidak mengerti sama sekali tentang laptop dan berencana membeli laptop bekas,  saya bagikan bebrapa tips untuk memilih laptop bekas yang perlu anda ketahui.

Tips Memilih Laptop bekas yang perlu anda ketahui.

1.       Periksa bagian fisik

Tampilan fisik merupakan salah satu point pentinng yang bisa jadi acuan kita dalam menentukan laptop bekas yang hendak kita beli. Secara hal yang paling terlihat jelas tentu adalah bagian fisik, kondisi fisik yang masih baik, menandakan laptop tersebut terawatt oleh pemilik sebelumnnya.

Ya walaupun fisik yang bagus tidak menjadi jaminan laptop bekas masih bekerja dengan baik, namun setidaknya memilih laptop bekas dengan fisik yang masih bagus, lebih baik dari pada laptop bekas yang memang sudah kelihatan fisik luarnya banyak yang cacat. Karena akan merugikan jika harus melakukan perbaikan setelah membeli laptop bekas.

2. Cek garansi

Cek garansi baik garansi distributor resmi ataupun garansi toko, karena laptop bekas yang masih memiliki garansi dapat mempermudah kita jikalau suatu saat kita mendapatkan masalah ataupun kerusakan pada laptop bekas yang telah  dibeli.

3. Cek Performa dan Fungsi

Kemudian yang tidak kalah penting adalah cek keseluruhan performa dan fungsi-fungsi komponen laptop bekas yang akan kita beli. Pastikan untuk jangan terburu-buru dan tidak tergiur terlebih dahulu dengan harga murah yang tidak masuk akal. Ini untuk menghindari penyesalan setelah membeli laptop bekas, karena terdapat fungsi-fungsi laptop yang tidak berjalan sebagi mana mestinya.

4. Cek Layar LCD

Salah satu komponen laptop yang memiliki harga cukup mahal adalah lcd, maka dari itu pastikan untuk mengecek laptop bekas yang akan kita beli memiliki lcd yang bagus, tidak ada dead pixel, white spot, black spot, dllnya. Tentu saja kita tidak mau harus keluar uang lebih setelah membeli laptop karena harus mengganti lcd yang rusak.

5. Cek Kondisi Baterai dan Charger

Baterai yang lemah adalah hal yang paling sering dikeluhkan orang-orang setelah membeli laptop bekas. Biasanya penggunaan yang tidak baik dari pemilik sebelumnya dapat menimbulkan efek pada baterai yang melemah.

Hal yang paling sederhana untuk mengecek kondisi baterai  adalah lihat indicator baterai pada level berapa, lalu coba untuk gunakan laptop dan buka berberapa aplikasi berat selama 5-10menit. Setelah itu lihat apakah baterai turun dengan normal atau secara extreme. Coba perhitungkan kembali untuk membeli laptop dengan kondisi baterai yang sudah tidak bagus.

6. Cek Harga Pasar

Ini yang paling penting sih, kita harus cek-cek harga pasar terlebih dahulu sebelum membeli laptop bekas. Biasanya harga laptop bekas akan turun sekitar 20%-40% tergatung kondisi dan lamanya pemakaian, perhatikan juga spesifikasi dan fisik laptop karena akan mempengaruhi harga laptop tersebut.


Itulah Tips Membeli Laptop Bekas Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Laptop bekas yang perlu anda ketahui"