Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Keamanan Jaringan Wireless

Pada artikel ini akan membahas tentang sistem keamanan jaringan wireless, adapun pembahasannya mengenai Kelemahan jaringan wireless, kelebihan jaringan wireless, pengertian, jenis, dan penggunaannya.

Sistem Keamanan Jaringan Wireless


Saat ini perkembangan teknologi wireless sangat significan beriringan dengan  kebutuhan sistem informasi yang semakin mobile. Ada banyak penyedia jasa jaringan wireless seperti ISP, dan Hotspot Komersil.

Pengguna jaringan wireless seperti homewifi, kampus, ataupun perkantoran tidak sedikit yang kurang memperhatikan keamanan pada Jaringan Wireless

Jaringan Wireless sendiri memiliki lebih banyak kelemahan di bandingkan jaringan yang menggunakan kabel. Oleh karena itu jaringan wireless memiliki tinkat resiko keamanan yang lebih tinggi.

Kelemahan Jaringan Wireless

1. Kelemahan Wireless Pada Lapisan Fisik

Jaringan Wireless atau WIFI menggunakan gelombang radio pada frekuensi umum dan besifat bebas sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan dengan batasan-batasan tertentu. Ada beberapa hal yang mungkin terjadi akibat dari kelemahan jaringan wireless ini.
  • Interception atau Penyadapan
  • Injection
  • Jamming
  • Locating Mobile Node
  • Access Control

2. Kelemahan Wireless Pada Lapisan MAC (Data Layer)

Kelemahan pada lapisan MAC (Data Layer) pada jaringan wireless adalah terlalu banyak client yang terhubung menggunkan channel yang sama pada Access Point yang sama. Hal ini menyebabkan penurunan Bandwith pada jaringan tersebut.

Karena terhubung menggunakan channel yang sama, maka MAC addrees akan mudah di spofing atau di duplikasi yang tentunya akan banyak menimbulakn masalah pada jaringan wireless.

Solusi Meningkatkan Keamanan Pada Jaringan Wireless

Secara umum kelemahan jaringan wireless terbagi menjadi 2 yaitu, kelemahan pada konfigurasi dan kelemahan pada jenis enkripsi. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan pada jaringan wireless.
  • Menyembunyikan SSID
  • Menggunakan VPN
  • Menggunakan Enkripsi
  • Mengganti password administrator standar
  • Memakai MAC filtering
  • Mengganti default SSID
  • Mengontrol signal wireless
  • Matikan Access Point saat tidak dipakai
  • Menggunakan sistem keamanan jaringan wireless


Berikut adalah beberapa jenis sistem keamanan jaringan wireless.

Sistem Keamanan Jaringan Wireless

1. WEP (Wired Equivalent Privacy)

Wired Equivalent Privacy atau biasa juga disebut Shared Key Autentication. WEP merupakan pengamanan dengan menggunkan enkripsi kunci yang di masukan ke client maupun access point. WEP ini merupakan standar keamanan dan enkripsi pertama yang digunakan pada jaringan wireless.

Enkripsi WEP menggunakan kunci atau password yang di setting oleh administrator ke access point. Client atau device harus mencocokan password tersebut untuk dapat terhubung pada access point.

Kelebihan WEP

User tidak perlu melakukan perubahan setting apapun saat hendak mengkoneksikan perangkatnya. Selain itu semuanya serba otomatis, saat user melakukan browsing user akan diminta untuk memasukan username dan password.

Kelemahan WEP

  • Masalah kunci yang lemah dan mudah dipecahkan
  • WEP menggunakan kunci yang bersifat statis
  • Masalah Initialization Vector WEP
  • Masalah Integritas Pesan Cyclic Redundancy Chech (CRC-32)

2. WPA (WI-FI Protected Access)

Sistem keamanan jaringan wireless WPA diciptakan untuk melengakapi sistem sebelumnya yaitu WEP. WPA mengimplementasikan layer dai IEEE, yaitu layer 802.11i.

WPA merupakan teknik keamanan yang di desing untuk menggantikan WEP yang menggunakan kunci keamanan static, dengan menggunakan TKIP (Temporal KEY Integrity Protocol) yang mampu berubah secara dinamis.

Kelebihan WPA

Mampu meningkatkan enkripsi data karena menggunakan teknik Temporay Key Intergrity Protocol.

Kelemahan WPA

  • Proses kalkulasi data yang lama
  • Data overhead lebih besar
  • Proses transmisi lebih lambat dari WEP
  • Belum semua wireless mendukung WPA, biasanya membutuhkan upgrade fimware ataupun driver.

3. WPA 2 ( WI-FI Protected Access 2)

WPA 2 merupakan sistem keamanan jaringan wireless yang menggantikan WPA. Tidak seperti WPA yang menggunakan TKIP, WPA menggunakan algoritma AES dan CCMP. Oleh sebab itu menjadikan WPA 2 protokol paling aman di bandingkan dengan WEP ataupun WPA.

4. Hotspot Login

Hotspot login merupakan salah cara untuk mengatasi cara kebocoran password wifi dan biasanya menggunakan fasilitas login menggunakan router mikrotik. Dengan menggunakan fasilitas login dari mikrortik wifi tidak perlu diberi password, tapi saat user ingin terhubung ke jaringan wireless akan di bawa terlebih dahulu ke halaman login hotspot.

Hanya user yang memiliki akses username dan password yang dapat terhubung pada jaringan tersebut. setiap username hanya digunakan oleh satu user. dan kita dapat dengan mudah mengatur berapa kecepatan dan bandwith yang didapatkan user tersebut.

5. MAC Address Filtering

MAC Address Filtering merupakan metode sistem keamanan jaringan wireless untuk membatasi hak akses dari MAC Address yang bersngkutan.

Saat ini hampir semua router ataupun Access Point memiliki fasilitas MAC Address Filtering. Fungsi MAC Address Filtering untuk menseleksi komputer mana yang boleh masuk dan terhubung ke jaringan tersebut berdasarkan MAC Address.

MAC Address Filtering akan membatasi device dalam mengakses jaringan wireless. MAC Address dari perangkat komputer akan didaftarkan terlebih dahulu agar dapat terkoneksi dengan jaringan wireless, bila tidak terdaftar perangkat komputer tersebut tidak dapat terhubung ke jaringan wireless.

Posting Komentar untuk "Sistem Keamanan Jaringan Wireless"