Topologi Jaringan : Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer - EtalaseMedia.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topologi Jaringan : Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer - Saat membangun sebuah jaringan komputer, Topologi jaringan adalah satu hal yang harus diperhatikan. 

Topologi Jaringan : Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan seperti kelebihan dan kekurangan topologi jaringan yang ingin dibangun, biaya yang harus dikeluarkan, kecepatan, dan jangkauan koneksi yang dihasilkan.

Pada artikel ini akan membahas Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer.

Baca juga 11 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

PENGERTIAN TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Topologi jaringan komputer adalah suatu konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak perangkat jaringan komputer untuk saling terhubung menjadi satu jaringan komputer baik menggunakan kabel ataupun nirkabel.

Topologi  jaringan komputer biasanya digunakan oleh lembaga, perusahaan, ataupun institusi untuk memenuhi kebutuhan jaringan agar komunikasi lebih cepat dan aman.

Dalam pelakasanaanya ada beberapa macam topologi jaringan yang bisa disesuaikan dengan pengguna, biaya, dan tujuan jaringan. Berikut adalah Macam-Macam Topologi Jaringan Tersebut.

MACAM-MACAM TOPOLOGI JARINGAN

1. Topologi Peer to Peer

Topologi Peer to Peer adalah topologi yang paling sederhana dan mudah dibuat, karena topologi ini hanya menggunakan 2 buah komputer yang saling terhubung.

Kelebihan Topologi Peer to Peer adalah biaya yang lebih terjangaku. Karena menggunakan 2 komputer, setiap komputer bisa berperan sebagai cliet dan server.

Kekurangan Topologi Peer to Peer adalah kurang aman dan sulit dikembangkan.

2. Topologi Linier 

Topologi Linier adalah topologi jaringan yang menggunakan satu kabel utama untuk menghubungkan tiap titik-titik sambungan pada komputer. 

Kelebihan Topologi Linier adalah Hanya membutuhkan sedikit kabel, mudah dikembangkan, selain itu konsep rangkaain topologi linier yang sederhana sehingga tidak memerlukan pusat kendali.

Kekurangan Topologi Linier adalah Kurang aman, dan tingginya kepadatan lalu lintas jaringan.

3. Topologi Star

Topologi Star atau bintang adalah topologi yang memiliki node atau inti tengah yang meghubungkan ke node lainya. Setiap Node berkomunikasi langsung dengan HUB, setiap paket data yang masuk ke HUB akan langsung di sebarkan ke setiap node yang terhubung.

Kelebihan Topologi Star adalah mudah dikembangkan, bisa menggunakan beberapa tipe kabel karena HUB akan mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.

Kekurangan Topologi Star adalah memiliki satu titik kelemahan yang terletak pada HUB, jika HUB mengalami masalah dan terjadi kegagalan, maka seluruh jaringan pada topologi star yang terhubung tidak dapat beroperasi.

4. Topologi Bus

Topologi Bus adalah topologi yang menggunakan satu kabel tunggal dan berfungsi sebagai media komunikasi bersama antar perangakat jaringan komputer. Topologi Bus ini menggunakan instalasi jaringan berbasis kabel coaxial.

Kelebihan Topologi Bus adalah biaya instalasi lebih murah karena tidak membutuhkan banyak kabel, mudah saat ingin menambah jangkauan karena konsepnya yang sederhana.

Kekurangan Topologi Bus adalah tidak cocok untuk lalu lintas jaringan yang padat karena akan lebih lambat dibandingkan topologi jaringan lain.

5. Topologi Ring

Topologi Ring adalah topolgi yang digunakan untuk kebutuhan jaringan dengan performance yang tinggi atau trafic yang banyak. Pada topologi ring tiap node berfungsi sebagai repeate, dengan begitu masing-masing perangkat saling bekerja sama untuk menenerima dan meneruskan sinyal.

Kelebihan Topologi Star adalah aliran data lebih cepat, waktu akses lebih optimal dan dapat melayani permintaan saat trafic padat.

Kekurangan Topologi Star adalah Sulit melakukan konfigurasi karena apabila terjadi kegagalan fungsi pada salah satu perangkat akan mengacaukan keseluruhan jaringan.

6. Topologi Tree

Topologi Tree (pohon) adalah gabungan dari beberapa topologi star dan dihubungkan dengan topologi bus. Dalam pelaksanaanya topologi bus bekerja sebagai konektor utama untuk beberapa topologi star.

Topologi jaringan tree memiliki ciri-ciri yaitu terdapat kabel utama yang menghubungkan beberapa HUB pada topologi star dan memiliki HUB utama yang bertugas sebagau server untuk mengatur arus informasi.

Kelebihan Topologi Tree adalah mudah dikembangkan, dapat digunakan untuk kebutuhan jaringan skala besar, dan arus informasi dapan dilakukan secara point to pint.

Kekurangan Topologi Tree adalah lebih lambat karena sering terjadi tabrakan lalu lintas jaringan, selain itu memerlukan kabel yang banyak menyebabkan dana yang dikeluarkan lebih besar.

Itu lah Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer, pada artikel di atas juga menjelaskan kelebihan dan kekurangan topologi jaringan, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Topologi Jaringan : Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer"