5 Penyebab Token Listrik gagal terisi dan cara mengatasinya - EtalaseMedia.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Token Listrik gagal terisi dan cara mengatasinya

5 Penyebab Token Listrik gagal terisi dan cara mengatasinya - Pemakaian listrik memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, dan dengan kemajuan teknologi PLN mengeluarkan jenis listrik prabayar yang menjadi solusi bagi pelanggan karena bisa mengatur sendiri kebutuhan listrik dirumah.

Pernahkah kamu mengalami gagal isi token listrik? apalagi saat token listrik sudah hampir habis dan sudah mulai berbunyi, tentu sangat mengganggu dan merepotkan bukan. Lalu apa masalah sehingga gagal saat mengisi token listrik?

Berikut adalah 5 Penyebab Token Listrik gagal terisi dan cara mengatasinya 

1. Instalasi listrik tidak terpasang dengan tepat

Ini adalah masalah yang disebabkan karena pemasangan instalasi listrik yang asal-asalan dan harus dihindari karena bersiko menyebabkan konsleting arus listrik, selain itu juga menjadi salah satu penyebab token listrik gagal terisi.

2. Server PLN eror

Meteran listrik pada tiap rumah memiliki id unik yang terhubung langsung ke server PLN, apabila terjadi eror pada server PLN kita hanya bisa menunggu sampai PLN selesai melakukan perbaikan. 

Setelah server normal barulah kita bisa mencoba kembali masukan token listrik yang telah kita beli. Pastikan ID meteran benar saat membeli token listrik, jika salah akan menyebabkan gagal saat mengisi token listrik.

3. Masalah pada meteran listrik prabayar 

Muncul tulisan Cancel, Periksa, Blocked, atau ada kerusakan pada perangkat meteran sehingga tidak dapat digunakan. Segera hubungi PLN 123 jika terjadi masalah tersebut.

4. Kode token listrik salah

Memasukan kode token listrik yang salah akan membuat gagal saat mengisi token, biasanya akan muncul tulisan gagal. Yang perlu diperhatikan jika kita 3 kali salah memasukan kode token akan membuat meteran terblokir secara otomatis.

5. KWH Overlimit

Pada bulan Oktober 2015 PLN mengeluarakan limit sebanyak 720 jam setiap bulannya, jika terlampaui maka PLN bisa menolak pengisian token listrik tersebut. 

Adanya limit pembelian token listrik ini adalah upaya PLN agar masyarakat bisa lebih bijak dalam penggunaan listrik. Karena tidak semua masyarakat yang memiliki kesadaran untuk bijak menggunakan listrik sehingga melampaui limit sebanyak 720 jam sebelumnya.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terisi

Pada kondisi tertentu berikut adalah cara yang bisa dicoba untuk mengatasi token litrik gagal diisi.

1. Pergi ke meteran listrik dirumah lalu tekan 00 kemudian enter, hal itu untuk mereset meteran listrik agar meteran bisa kembali kesemula.
2. Tunggu beberapa saat
3. Masukan kembali kode token listrik yang telah dibeli dengan benar.

Jika cara tersebut masih gagal saat mengisi token listrik, segera hubungin 123 untuk mendapatkan penaganan lebih lanjut dari PLN. Karena ada kemungkinan meteran listrik rusak sehingga tidak dapat digunakan.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Token Listrik gagal terisi dan cara mengatasinya"