Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

 11 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya -  Jaringan komputer adalah hubungan dua perangkat komputer atau lebih yang digunakan untuk berkomunikasi diantara komputer tersebut. Komputer yang saling terhubung baik dengan kabel maupun non kabel akan membentuk sebuah jaringan komputer, dengan begitu setiap komputer bisa saling bertukar informasi.

Dalam keadaan tertentu kita membutuhkan cakupan jaringan yang luas untuk memenuhinya kita membutuhkan bermacam-macam perangkat jaringan komputer, bahkan untuk sebuah jaringan komputer sedehanapun selain kabel di butuhkan perangakt lain untuk saling terhubung.

Baca juga Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Perangkat jaringan tersebut memiliki fungsinya masing-masing, dan akan saling bekerjasama sehingga sebuah komputer saling terhubung.

Berikut adalah 11 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

1. Komputer Server

11 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya
Komputer Server adalah komponen paling penting dalam sebuah jaringan komputer, tugasnya yang berfungsi sebagai pusat pelayanan terhadap permintaan client dan akan menyimpan semua data penting.

Server bekerja dengan mengirimkan informasi melewati beberapa hardware dan software jaringan saat terjadi request dari client. Karena harus bekerja 24jam maka memerlukan spesifikasi khusus untuk menjadi sebuah Komputer Server, Mulai dari Prosesor, RAM, Hardisk, Motherboard, Power Suply dan perangkat lainya.

2. Komputer Client 

Komputer Client adalah komputer yang digunakan untuk mengakses data dari sever melalui jaringan internet. Untuk terhubung dengan jaringan internet komputer client memerlukan bantuan perangkat lain seperti Kabel LAN atupun bisa langsung terhubung secara wireless langsung ke router.

3. Router

11 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya
Router berfungsi sebagai penghubung antara jaringan LAN dengan Perangkat Komputer ke internet. Cara kerjanya dengan meneruskan paket data dan memabagi jaringan beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen tersebut.

4. Kabel

Untuk mambangun suatu jaringan komputer tentunya membutuhkan sebuah kabel. Kabel sendiri berfungsi untuk membawa paket data dari server kepada client atau sebaliknya pada jaringan non wireless tentunya. 

Kekurangan dalam penggunaan kabel adalah instalasinya yang rumit dan membutuh jumlah kabel yan begitu banyak ketika ingin membuat sebuah jaringan komputer yang luas.

5. SWITCH

SWITCH


SWITCH adalah sebuah komponen jaringan komputer yang berfungsi membagi jaringan lokal kebanyak komputer, Fungsi utama dari SWITCH ini sendiri adalah menerima sinyal, dan mengirimkan data dari server ke perangakat jaringan lain.

6. HUB 

Hampir sama seperti SWITCH fungsi utama HUB adalah membagi jaringan dari server ke komputer client pada satu jaringan lokal atau yang sama. 

Bedanya dengan SWITCH adalah HUB hanya bisa membagi jaringan namun tidak mampu mengatur dan membatasi paket data yang terkirim, ini membuat pembagian jaringan antar client tidaklah sama.

7. Repeater

Repeater berfungsi memperluas jangakau sinyal wifi dari server ke perangakat lain. Cara kerjanya adalah Repeater akan menerima sinyal dari server, lalu memancarkanya kembali dengan jangkauan jaringan yang lebih luas dan kuat. 

Artinya Repeater mampu memperkuat sinyal yang lemah kemudian dipancarkan kembali dengan lebih kuat.

8. NIC (Network Interface Card)

NIC adalah sebuah kartu jaringan yang dipasangkan di komputer dan fungsi utamanya adalah sebagai kartu jaringan yang mampu menerima koneksi internet kabel ataupun wifi.

9. BRIDGE

Seperti namanya fungsi utama BRIDGE adalah sebagi jembatan. Bridge akan menjembatani dan menggbungkan jaringan lokal ke jaringan lokal lain yang lebih luas, ataupun sebaliknya. 

Bridge akan memecah suatu jaringan lokal/LAN yang luas menjadi beberap bagian jaringan-jaringan lokal yang lebih kecil. Pada topologi jaringan yang berbeda Bride juga mampu menjadi penghubung antar jaringan lokal lain.

10. LAN CARD

LAN CARD


LAN CARD adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai menghubungkan kiriman data dari satu perangkat keperangakat lainya. Cara kerja LAN CARD adalah dengan mengubah aliran data dari bentuk paralel menjadi serial melalui jaringan kabel UTP.

11. Konektor

Keberadaan konektor sangat penting pada sebuah jaringan komputer, fusnginya sebagai penghubung kabel dengan network adapter pada setiap perangkat. Tanpa adanya konektor tentu komputer tersebut tidak akan bisa terhubung ke jaringan komputer.

Ada beberapa jenis konektor diantaranya adalah : 
* Konektor RJ-45 digunakan untuk kabel UTP
* Konektor BNC/T digunakan untuk kabel COAXIAL
* Konektor ST digunakan untuk kabel fiber optic

Demikianlah 11 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya perangkat tersebut tentu memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing, namun sebuah komputer tidak akan saling terhubung dengan komputer lain tanpa perangkat jaringan tersebut.

Posting Komentar untuk "11 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya"